BKGN 2017: Peduli, Itulah Kunci Utama Kami!

Peduli merupakan salah satu sikap untuk melibatkan diri dalam persoalan, keadaan, atau kondisi yang terjadi di sekitar kita. Banyak dari masyarakat di Indonesia lupa akan pentingnya kesehatan, terutama kesehatan gigi dan mulut, dimana dari hasil RISKESDAS 2013 dapat diketahui prevalensi nasional masalah gigi dan mulut mencapai 25,9%.

BKGN, begitu sapaan dari kegiatan yang diadakan setiap satu tahun sekali ini. BKGN merupakan singkatan dari Bulan Kesehatan Gigi dan Mulut dimana kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk menurunkan tingkat karies masyarakat Indonesia.

“BKGN ada dikarenakan kepedulian kami akan kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia, dimana kami berharap dengan diadakannya BKGN, masyarakat memiliki tingkat kesadaran yang cukup tinggi mengenai kesehatan gigi dan mulut mereka” ujar drg. I. G. N Putra Dermawan selaku direktur RSGM FKG UNMAS Denpasar.

BKGN telah diadakan sejak tahun 2009, di mana kegiatan ini digagas oleh PT. Unilever, AFDOKGI, PDGI dan juga bekerja sama dengan Menteri Kesehatan. Kegiatan yang berlangsung di seluruh fakultas kedokteran gigi di Indonesia ini dilaksanakan sejak bulan September hingga November.

Pada tahun ini, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar melaksanakan kegiatan pada tanggal 23 -25 Oktober 2017, di mana kegiatan ini telah dimeriahkan oleh 1.300 pasien yang mencakup perawatan seperti pencabutan, penambalan, pembersihan karang gigi, DHE dan juga pemberian fissure sealant secara gratis.

Kegiatan yang diadakan di RSGM FKG UNMAS ini dilakukan oleh 62 dokter gigi yang terdiri dari dokter gigi dan dokter gigi spesialis.

“ Kualitas dokter merupakan hal utama dalam kegiatan ini, di mana dengan adanya kualitas dokter yang baik, maka baik pula yang akan kami berikan kepada masyarakat sehingga timbullah masyarakat yang sehat dan bebas akan karies” ujar dokter selaku dosen di FKG UNMAS ini, di mana beliau berharap dengan adanya kegiatan ini harapan PT. Unilever dan seluruh penyelenggara akan bebas karies pada tahun 2030 akan tercapai dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *