Dentistry Sport Week 2017 “More Than Just A Game”

Ulang Tahun merupakan salah satu hal yang sangat dinanti nantikan oleh banyak orang. Hal ini juga dialami oleh para mahasiswa dan mahasiswa FKG UNMAS di mana pada tanggal 17 Desember 2017 nanti, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar akan melangsungkan acara ulang tahunnya yang ke-31.

Kegiatan yang akan menghadirkan guest star kelas nasional ini terdiri dari beberapa kegiatan lainnya yang mampu menunjang kemeriahan puncak acara yang akan dilaksanakan tanggal 17 Desember nanti, salah satu kegiatan pembuka yang sangatlah menuai antusias yang baik ialah Dentistry Sport Week. Ya, salah satu kegiatan favorit para mahasiswa ini merupakan suatu kegiatan perlombaan yang mengajak seluruh civitas FKG UNMAS untuk ikut aksi di dalamnnya, di mana perlombaan yang dilombakan adalah Badminton, basket, dan juga futsal.

Kompetisi bulu tangkis yang diadakan di Nandya Health Center pada tanggal 15-16 Oktober 2017 ini diikuti oleh seluruh civitas FKG UNMAS dari mahasiswa hingga dokter gigi. Kompetisi ini terdiri dari 3 kategori yaitu tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran.

Kategori tunggal putra dimenangkan oleh Yosafat dari Angkatan Mandibula (2016) dan disusul oleh Teguh dari Angkatan Maxilla (2015) di posisi kedua serta Dhrana dari Angkatan Enamel (2017) di posisi ketiga. Sedangkan di kategori Ganda Putra dimenangkan oleh pasangan Mahendra-Didik dari Angkatan Corona (2014). Di posisi kedua ada pasangan drg. Norman-Pak Lendra dan posisi ketiga ditempati pasangan Satria Pajajaran-Aldy Juliardika dari Angkatan Mandibula (2016).

Di kategori ganda campuran pasangan Satria Pajajaran-Intan dari Angkatan Mandibula (2016) berhasil meraih juara 1. Juara 2 diduduki oleh pasangan Yosafat-Tisna yang juga berasal dari Angkatan Mandibula (2016) dan Juara 3 ditempati oleh pasangan Resta-Sari dari Angkatan Enamel (2017).

Satria Pajajaran, salah satu pemenang di kategori ganda campuran serta ganda putra, mengaku lawan-lawan yang dihadapinya sangat luar biasa dan memiliki semangat juang yang tinggi untuk membela masing-masing angkatan. Meskipun begitu, ia telah melakukan berbagai persiapan mulai dari latihan bersama pasangan hingga menjaga asupan gizi. Dalam kategori ganda campuran, perbedaan kemampuan fisik perempuan dan laki-laki pun tak menjadi halangan untuknya.

“Untuk mengakali perbedaan kemampuan fisik kita, dalam permainan memakai pola yang benar benar nyaman kita pakai, yang disesuaikan dengan kemampuan fisik masing-masing”, ujarnya.

Pertandingan basket yang dilaksanakan tanggal 18 -19 oktober 2017 ini terdiri dari beberapa angkatan yaitu dari angkatan 2017 hingga alumni. Pada pertandingan kali ini, team putra dimenangkan oleh team Corona (2014), dilanjutkan dengan team alumni pada urutan kedua, dan Maxilla (2013) pada di urutan ketiga. Sedangkan team putri, di urutan pertama diduduki oleh team Alveolar (2012), dilanjutkan team Corona (2014) di urutan kedua, dan di urutan ketiga diduduki team Enamel A (2017).

Tanggal 20-21 Oktober 2017, suasana di Tanjung Sari Futsal Tohpati dibuat panas dengan pertandingan para team futsal civitas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati. Pertandingan yang dihadiri oleh angkatan alumni hingga angkatan termuda ini berlangsung sengit.

Tak ada satu team pun yang rela jika bola yang mereka giring direbut lawannya. Selisih gol mereka pun sangat tipis, sehingga membuat para team harus bermain dengan extra dan sungguh-sungguh agar merekalah yang naik sebagai juara. Di mana hasil akhir dari perlombaan ini ialah pada juara pertama diraih oleh team Tensoplast (klinik), kemudian di urutan kedua ada team alumni, dan urutan ketiga diraih oleh team Maxilla A (2015).

“Perlombaan merupakan salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam bidang tersebut, bukan hal itu saja namun dengan adanya perlombaan kita bisa merasakan artinya kerjasama dan memiliki relasi/ kenalan yang banyak entah itu dengan kakak kelas maupun dengan adik kelas“ ungkap Anak Agung Putu Wahyu Andika salah satu mahasiswa FKG UNMAS Denpasar (2016).

“Dalam melakukan perlombaan, niat dan tekad sangatlah dibutuhkan menang atau kalah bukanlah masalah yang penting adalah berusaha,” tambahnya dengan semangat. (tri/ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *