32 Tahun Membentuk Generasi yang Menginspirasi

Universitas Mahasaraswati Denpasar yang dikenal sebagai Unmas Denpasar merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Bali, berada di lingkungan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VIII. Unmas Denpasar yang mengasuh beberapa fakultas, salah satunya adalah Fakultas Kedokteran Gigi adalah di bawah pengelolaan Yayasan Perguruan Rakyat Saraswati Pusat Denpasar. Dari awal dibuka pada tahun 1986, FKG Unmas selalu berjuang membentuk generasi yang menginspirasi, generasi yang menjadi panutan bagi semua orang. Tahun ini menjadi tahun ke-32 dan perjuangan itu pun masih terus berlanjut.

Video Profile

Satu-satunya FKG Swasta di Indonesia Bagian Timur

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar (FKG Unmas Denpasar) merupakan satu-satunya FKG swasta yang berada di Indonesia Bagian Timur. FKG Unmas Denpasar telah terakreditasi dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 273/SK/BAN-PT/Ak–XVI/S/XI/2013.

Bagi sebuah FKG swasta prestasi tersebut adalah wujud keberhasilan dalam mengelola lembaga pendidikan yang sangat kompleks dan jarang dimiliki oleh universitas swasta. Hal tersebut menjadikan FKG Unmas Denpasar semakin dipercaya dan bisa melakukan proses pendidikan akademik-profesi dari awal mahasiswa masuk hingga selesai menjadi dokter gigi secara mandiri.

Visi dan Misi

Visi dan Misi FKG Unmas Denpasar

Menjadi Fakultas Kedokteran Gigi yang bermutu, profesional, berbudaya, beretika, dan berdaya saing dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS).

Visi, Misi, dan Tujuan

FKG Unmas Denpasar

Visi

Menjadi Fakultas Kedokteran Gigi yang bermutu, profesional, berbudaya, beretika, dan berdaya saing dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS).

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi bermutu yang menghasilkan lulusan profesional, mandiri, beretika, dan kompeten di bidang kedokteran gigi.
  2. Menyelenggarakan penelitian ilmiah dasar dan terapan yang inovatif, bermutu, dan berorientasi pada kemajuan IPTEKS yang dapat dipertanggungjawabkan dan bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Mendharmabaktikan hasil pendidikan yang berorientasi pada IPTEKS di bidang kesehatan gigi dan mulut sesuai dengan kebutuhan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat dengan memanfaatkan unsur kearifan budaya lokal.
  4. Mengembangkan tata kelola yang efektif, efisien, dan akuntabel.
  5. Mengembangkan kerja sama di dalam dan di luar negeri untuk menunjang kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  6. Mengembangkan budaya akademik yang kondusif dan berkelanjutan.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang bermutu, profesional, mandiri, beretika, dan kompeten bidang kedokteran gigi sesuai dengan kompetensi dokter gigi.
  2. Menghasilkan penelitian ilmiah yang inovatif dan bermanfaat untuk masyarakat bertaraf nasional dan internasional.
  3. Menjadikan Fakultas Kedokteran Gigi yang dapat meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut berorientasi pada IPTEKS.
  4. Menjadikan Fakultas Kedokteran Gigi yang profesional dengan tata kelola yang baik (Good Governance).
  5. Menjadikan Fakultas Kedokteran Gigi yang dikenal di dalam dan di luar negeri melalui program kerjasama.
  6. Mewujudkan budaya akademik yang kondusif dan berkelanjutan.

Kerja Sama Akademik

Menjalin Hubungan dengan Universitas Dalam dan Luar Negeri

Peningkatan kualitas di segala bidang terus dilakukan secara berkesinambungan. Kerja sama akademik dilakukan dengan institusi pendidikan tinggi baik perguruan tinggi dari luar negeri luar maupun dalam negeri.

Dari dalam negeri di antaranya adalah Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran Bandung.

Sedangkan, kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri adalah School of Dentistry, SHOWA University - Tokyo, Faculty of Medicine, KINDAI (KINKI) University - Osaka, Jepang, Bansomdejchaopraya Rajabhat University - Bangkok, dan Coorg Institute of Dental Sciences - India.

Kerja sama ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga pengajar dan kualitas pendidikan akademik dan profesi.

Demikian pula, untuk mengantisipasi perkembangan terkini ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi (iptekdokgi) dilakukan dengan mengundang pakar, baik dari dalam maupun luar negeri.

Kuliah umum secara rutin dilakukan oleh visiting lecturer kami: Dr. Choi Kang Duck (seorang professional/implantologist lecturer dari Busan, Korea Selatan) dan Prof. Tommy Raphael Yudhira (seorang pakar Ilmu Konservasi Gigi dari KU Leuven University, Belgia).

Untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa, maka diberikan penghargaan dan kenang-kenangan kepada lulusan terbaik pada setiap penggelaran dokter gigi baru sebagai bentuk apresiasi, penghargaan, dan komitmen pengelola FKG Unmas Denpasar terhadap kualitas.

Kualitas Pembelajaran

Menjadi Prioritas Utama Untuk Terus Ditingkatkan

Peningkatan kualitas belajar mengajar terus dilakukan secara periodik, antara lain dengan peningkatan sarana belajar, baik perkuliahan, praktikum preklinik, maupun kepaniteraan klinik. Sarana pada kepaniteraan klinik terus ditingkatkan dengan pengadaan dan penggantian dental unit and chair yang lama dengan yang modern dan canggih.

Kualifikasi tenaga pengajar terus ditingkatkan dengan mengirimkan staf pengajar ke tingkat Strata-2, Strata-3, Dokter Gigi Spesialis serta dalam bentuk course dan pelatihan bersertifikasi. Sebagai wujud nyata hal tersebut sekaligus menjawab kebutuhan pasar tentang iptekdokgi, maka telah dijalin kerjasama dengan Indonesian Society of Implant Dentistry (ISID), yaitu dengan mengadakan Continuing Professional Development Programe (CPD) bagi dokter gigi berupa Pendidikan Bersertifikasi Bidang Kedokteran Gigi Implan.

Pendidikan implan bersertifikat resmi ini dilakukan guna menjawab tantangan kemajuan zaman di mana trend terkini adalah pemasangan gigi tiruan dengan teknologi implantasi.

Pengabdian Pada Masyarakat

Kerja Sama dengan Pemerintah, Organisasi Sosial, dan Asosiasi Kedokteran Gigi

Dalam rangka meningkatkan dharma pengabdian pada masyarakat, telah terjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah Tingkat I Bali dan beberapa Pemerintah Daerah Tingkat II serta beberapa rumah sakit dan puskesmas di Bali.

Bahkan telah terjalin kerjasama dengan BIWA (Bali International Womens Association), SOIna (Special Olympic Indonesia), organisasi profesi Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Wilayah Bali dan PDGI Cabang Denpasar, Yayasan Bali Hati, dan beberapa organisasi sosial dan Lembaga Swadaya Masyarakat dari dalam maupun luar negeri.

Selain itu, sebagai salah satu bentuk kebersamaan dari fakultas sejenis dan dalam rangka saling tukar informasi sesama anggota, hingga saat ini FKG Unmas masih aktif sebagai anggota Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI).

Demikian pula dengan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan FKG Unmas Denpasar berhimpun dalam Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI) serta anggota Ikatan Rumah Sakit Pendidikan Indonesia (IRSPI).

Asosiasi tersebut sebagai wadah komunikasi antaranggota untuk saling membantu dalam pelayanan dan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di tempat masing-masing serta secara rutin dan intens mengadakan pertemuan, bahkan FKG Unmas juga telah terdaftar sebagai anggota South East Asia Association of Dental Education (SEAADE), yaitu asosisasi fakultas kedokteran gigi se-Asia Tenggara.

Official Social Media

Ikuti FKG Unmas Yuk?